Scroll to top

Sahubawa: Lomba Masohi Bertutur Jadi Ajang Meningkatkan Kreativitas, Kecerdasan Dan Inovasi Generasi
User

Sahubawa: Lomba Masohi Bertutur Jadi Ajang Meningkatkan Kreativitas, Kecerdasan Dan Inovasi Generasi

Dalam rangka pelaksanaan HUT Kota Masohi Ke-66 tanggal 3 November 2023, Pemerintah Daerah Maluku Tengah melalui Dinas Perpustakaan Daerah melaksanakan kegiatan “Lomba Masohi Bertutur” yang diikuti 40 peserta masing-masing 8 peserta tingkat umum dan 32 peserta tingkat SMA, SMK, MA.

Baca Lainnya :

Hadir dalam kegiatan ini para Sataf Ahli Bupati, para Asisten Setda, pimpinan OPD lingkup Pemda Malteng, dewan juri dan peserta lomba.

Dalam sambutannya Pj Bupati Malteng Dr Rakib Sahubawa,S.Pi, M.Si yang dibacakan staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan dan Kemasyarakatan Erni Sukamto mengatakan lomba Masohi yang di laksanakan jelang Hut ke-66 Kota Masohi menjadi wadah kompetisi edukatif bagi generasi muda Maluku Tengah dalam menumbuh kembangkan budaya gemar membaca di kalangan masyarakat.

Pemerintah daerah dan masyarakat Malteng sangat menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan ini karena memiliki makna dan arti penting dalam meningkatkan minat dan bakat membaca bagi masyarakat terutama bagi kaum pemuda maupun siswa siswi yang ada di daerah ini.

Sahubawa katakan kalau lomba Masohi Bertutur jadi upaya penting dalam peningkatan motivasi masyarakat umum untuk terus giat dalam membaca.

Hal ini di maksudkan agar generasi muda di kabupaten yang dijuluki “Pamahanunusa” ini bisa kreatif, cerdas dan berdikasi serta mampu berkontribusi dalam pembangunan Maluku Tengah yang maju, mandiri, sehat dan sejahtera dalam setiap pembangunan daerah.

Dalam era digitalisasi dewasa ini terutama pada arus informasi dan komunikasi terang Sahubawa terdapat tingkat literasi masyarakat masih sangat rendah dan berimbas pada kepekaan proses pertumbuhan pembangunan nasional terutama pembangunan daerah di kabupaten tertua ini.

Memang realita bahwa sesungguhnya literasi masyarakat masih rendah dan seakan menyesakkan masyarakat, sehingga saat ini peran aktif serta perhatian serius pemerintah daerah Malteng untuk bagaimana bisa mengembalikan tingkat literasi itu terutama melalui minat baca bagi masyarakat, sebutnya.

Dikatakannya kalau literasi dasar yang harus di penuhi oleh masyarakat misalnya aktivitas membaca yang dapat di refleksikan dalam berbagai fenomena. Kemampuan dan kesenangan membaca masyarakat ucap Sahubawa merupakan modal dan faktor penting dalam penyelenggaraan pendidikan dan pembangunan masyarakat untuk mencapai kecerdasan, berwawasan luas dan tangkas untuk menghadapi peluang serta tantangan era ekonomi global.

Lomba Masohi Bertutur merupakan salah satu cara yang sangat penting dalam budaya baca untuk meningkatkan literasi masyarakat terutama budaya lokal dan nilai sejarah daerah yang harus di angkat untuk di ketahui oleh masyarakat luas, ucap Sahubawa.

Saya berharap agar lomba Masohi Bertutur dalam rangka peringatan Hut ke-66 kota Masohi ini akan meningkatkan kreativitas, kecerdasan dan inovasi sebagai generasi penerus bangsa dan daerah, pinta Sahubawa.

Kalau ini bisa di laksanakan maka dapat di pastikan kalau generasi muda di Malteng bisa menggali potensi budaya lokal yang berkembang di masyarakat baik dari kota kabupaten sampai pada negeri-negeri yang ada di daerah ini, sebutnya.

Sejalan dengan itu maka Sahubawa sangat berharap agar setiap peserta bisa menunjukkan kebolehan dan kemampuan secara baik yang di miliki agar lomba Masohi Bertutur ini bisa menjadi sarana peningkatan kemampuan masing-masing peserta

 

TAGS: nasional

Write a Facebook Comment

Leave a Comments