
- Layanan Perpustakaan Keliling di SD/SMP di Kecamatan Telutih
- KUNJUNGAN PERPUSTAKAAN KELILING MENINGKATKAN MINAT BACA ANAK
- Kepala Perpusnas: Literasi Merupakan Program Bersama dan Harus Dikerjakan Bersama
- MENINGKATKAN LITERASI SEKOLAH MELALUI MOBIL PERPUSTAKAAN KELILING
- Kunjungan KB Terpadu-Raudhatul Athfal Nurul Falah Masohi ke Dinas Perpustakaan
- Rekomendasi Rakornas Bidang Perpustakaan Tahun 2025
- Rakornas Bidang Perpustakaan 2025, Menteri Dikdasmen: Peningkatan Budaya Baca dan Kecakapan Literasi
- Rakornas Bidang Perpustakaan 2025, Membaca Jadi Kunci Utama untuk Berkembang
- Perubahan dan Transformasi Digital Perpusnas, Adaptasi atau Tertinggal?
- Perpusnas Terima Penghargaan MURI, Gedung Perpustakaan Tertinggi di Dunia

- Home
- Perpustakaan Nasional
- Perubahan dan Transformasi Digital Perpusnas, Adaptasi atau Tertinggal?


- By admin_perpusda
- 04 Feb 2025 / 46 View
Perubahan dan Transformasi Digital Perpusnas, Adaptasi atau Tertinggal?
Salemba, Jakarta – Perubahan terjadi hampir di semua aspek kehidupan, termasuk dalam organisasi. Oleh karena itu, sebagai insan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) harus siap beradaptasi dan menjadi garda terdepan dalam menyampaikan pentingnya transformasi perpustakaan kepada masyarakat.
Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Pusat Bibliografi dan Pengolahan Bahan Perpustakaan Supriyanto dalam memimpin apel pagi di Perpustnas, Senin (3/2/2025).
Baca Lainnya :
- Perpusnas Terima Penghargaan MURI, Gedung Perpustakaan Tertinggi di Dunia
- Kinerja Perpusnas Tahun 2025 Harus Meningkat dan Terukur
- IPLM 2024 Catat Rekor Tinggi, Literasi Nasional Semakin Meningkat
- Tingkatkan Kecakapan Literasi Jadi Tantangan Berat Namun Mengasyikkan
- Buku Elektronik (e-book)
“Peran perpustakaan dalam meningkatkan literasi masyarakat ini berdampak langsung pada peningkatan kualitas sumber daya manusia. Perpustakaan harus terus menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman agar tetap relevan dan dapat memberikan akses informasi yang lebih luas,” ujarnya.
Dalam kesempatan ini, Supriyanto juga membahas pencapaian Perpusnas dalam layanan International Standard Book Number (ISBN).
Hasil Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) tahun 2024 menunjukkan bahwa layanan ISBN memperoleh skor 88,97, yang dikategorikan sebagai sangat baik.
Selain itu, indeks kepatuhan standar layanan publik dari Ombudsman juga meningkat menjadi 90,09 poin (zona hijau) dengan kategori A (kualitas tertinggi).
“Peningkatan ini menjadi bukti bahwa Perpusnas terus berupaya memberikan layanan terbaik bagi masyarakat, khususnya dalam mendukung industri penerbitan nasional,” tuturnya.
Sebagai bagian dari pengembangan layanan, jelasnya, pada 2 Januari 2025, Perpusnas resmi meluncurkan aplikasi ISBN yang terintegrasi dengan Inlis Enterprise.
“Integrasi ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi layanan ISBN bagi penerbit serta mendukung kelancaran alur kerja di lingkungan internal Perpusnas,” imbuhnya.
Lebih lanjut, Supriyanto mengajak seluruh pegawai untuk terus berkontribusi dalam mencerdaskan bangsa melalui layanan perpustakaan yang berkualitas.
“Semangat pagi dan salam sehat untuk kita semua!” pungkasnya.
TAGS: | nasional |
Berita Terkait
Leave a Comments
Website Resmi Pemda Malteng
-
- 2 Tahun lalu / 6732 view
7 Manfaat Membaca Buku
Write a Facebook Comment